Persilangan berdasarkan hukum Mendel

Hukum Mendel adalah hukum tentang pewarisan sifat pada organisme yang dijabarkan oleh Gregor Johann Mendel. Hukum Mendel terbagi menjadi dua yaitu Hukum Mendel I, dan Hukum Mendel I

1. Hukum Pertama Mendel : Persilangan Monohibrida

Hukum I Mendel menyatakan bahwa pada waktu pembentukan gamet terjadi segregasi (pemisahan) alel – alel suatu gen secara bebas dari diploid menjadi haploid. Terjadi hanya pada persilangan monohibrida. Persilangan monohibrida adalah perkawinan yang menghasilkan pewarisan satu karakter dengan dengan dua sifat yang berbeda. Skema dapat dilihat melalui gambar di bawah ini.

2. Hukum Kedua Mendel : Persilangan Dihibrida

Hukum Kedua Mendel menyatakan bahwa pada waktu menentukan gamet, alel-alel berbeda yang telah bersegregasi bebas akan bergabung secara bebas membentuk genotipe dengan kombinasi – kombinasi alel yang berbeda. Hukum Kedua Mendel ini dapat ditemukan pada persilangan dihibrida. Persilangan Dihibrida adalah perkawinan yang menghasilkan dua karakter yang berlainan

3. Testcross, Backcross, dan Persilangan Resiprok

Selain Persilangan Monohibrid dan Dihibrid, juga terdapat persilangan lainnya antara lain Testcross, Backcross, dan Persilangan Resiprok

a. Testcross

Testcross (uji silang) adalah persilangan antara suatu individu yang tidak diketahui genotipnya dengan induk yang genotipnya homozigot resesif. Testcross digunakan untuk menguji heterozigitas suatu persilanganMisalnya Anda diberi segenggam biji bulat, dan si pemberi tidak tahu pasti apakah biji bulat itu homozigot atau heterozigot. Untuk dapat mengetahuinya bisa dengan cara Testcross. 

b. Backcross

Backcross (silang balik) adalah persilangan antara F1 dengan induknya yang homozigot dominan.

c. Persilangan Resiprok

Persilangan resiprok adalah suatu persilangan dimana sifat induk jantan dan betina bila dibolak-balik/dipertukarkan tetapi tetap menghasilkan keturunan yang sama.

VIDEO

SOAL DAN PEMBAHASAN

1. Pada tanaman rambutan, buah bulat (B) dominan terhadap buah lonjong (b) dan kulit warna merah (M) dominan terhadap warna kuning (m). Tanaman rambutan buah bulat merah dikawinkan dengan rambutan buah lonjong kuning, dihasilkan tanaman rambutan dengan fenotipe buah bulat merah, bulat kuning, lonjong merah, lonjong kuning dengan fenotipe 1:1:1:1. Maka masing-masing genotipe dari kedua induknya adalah…

A. BbMm dan bbmm
B. BbMm dan bbMm
C. BBMm dan bbmm
D. BbMM dan bbmm
E. BBMM dan bbmm
Pembahasan:
P : BbMm >< bbmm
G:    BM             bm
        Bm
        bM
        bm
F: BbMm, Bbmm, bbMm, bbmm
BbMm = bulat merah = 1
BBmm = bulat kuning = 1
bbMm = lonjong merah = 1
bbmm = lonjong kuning = 1

2. Gen G dapat memproduksi klorofil pada tumbuhan dan alelnya g tidak dapat memproduksi klorofil, sehingga tanaman letal dalam keadaan homozigot. Disilangkan tanaman yang dapat memproduksi klorofil heterozigot sesamanya. Dari turunannya akan dihasilkan tanaman yang bertahan hidup sebanyak…
A. 12,5%
B. 25,0%
C. 50,0%
D. 75,0%
E. 100,0%
Pembahasan:
Bila g dalam keadaan homozigot resesif menyebabkan tanaman tidak memproduksi klorofil dan bersifat letal, maka perkawinan antara tanaman memproduksi klorofil heterozigot dengan sesamanya yang bertahan hidup ada 75% dengan perhitungan sebagai berikut:
P: Gg >< Gg ada klorofil ada klorofil Gamet: Gg, Gg F1: GG, Gg, Gg, gg (letal.mati) Jadi, kemuningkan yang bertahan hidup adalah 3 (75,0%)

3. Pada marmot bulu hitam bersifat dominan. Dari suatu hasil persilangan, separuh dari anak-anak marmot yang lahir berwarna putih. Genotip parentalnya adalah..
A. BB >< Bb
B. Bb >< Bb
C. Bb >< bb
D. bb >< bb
E. BB >< bb
Pembahasan:
Bb dan BB = hitam bb = putih
P : Bb (Hitam) >< bb (putih)
G: B, b, b, b
F1: Bb, Bb, bb, bb

4. Apabila rambut lurus adalah sifat yang resesif, maka dari perkawinan dua orang tua yang keduanya berambut keriting heterozigotik, kemungkinan anak-anaknya adalah…
A. semua berambut keriting
B. semua berambut lurus
C. 25% keriting 75% berambut lurus
D. 50% berambut keriting and 50% berambut lurus
E. 75% berambut keriting dan 25% berambut lurus
Pembahasan:
k = lurus, resesif K= keriting P1 : Kk (keriting) >< Kk (keriting)
G: K, k, K, k
F1:
1 = KK = keriting
2 = Kk = keriting
1 = kk = lurus

5. Warna bulu hitam pada kucing dikendalikan oleh gen H yang dominan terhadap gen bulu putih (h). Perkawinan 2 ekor kucing menghasilkan keturunan dengan ratio hitam : putih = 1:1. Berdasarkan data di atas, maka genotif kedua induk kucing masing-masing adalah…
A. HH dan HH
B. HH dan hh
C. Hh dan Hh
D. Hh dan hh
E. hh dan hh
Pembahasan:
H = hitam, dominan h = putih
P: Hh >< hh
G: H, h, h, h
F1: Hh, Hh, hh, hh

6. Sapi jantan berbulu hitam kasar disilangkan dengan betina berbulu putih halus. Keturunan yang dihasilkan menunjukkan perbandingan 1/4 hitam halus, 1/4 putih halus, 1/4 putih kasar 1/4 hitam kasar. Manakah genotip kedua induknya ……….
A. HHKk dan HHKk
B. HhKk dan HhKk
C. HHKK dan hhkk
D. HHkk dan Hhkk
E. HhKk dan hhkk
Pembahasan :
P = HhKk X hhkk
Gamet = HK, Hk, hK, hk dan hk
keturunan : HhKk : Hhkk : hhKk : hhkk
Hitam kasar : Hitam halus : putih kasar :  putih halus 1/4 :1/4 : 1/4 : 1/4

7. Persilangan antara tanaman tomat berbuah banyak (B), rasa asam (m) dengan tanaman tomat berbuah sedikit (b), rasa manis (M) menghasilkan tanaman tomat berbuah banyak, rasa manis pada F1. Apabila keturunan pertama (F1) disilangkan sesamanya maka genotip yang paling baik dari keturunannya (galur murni) adalah …….
A. BbMM
B. BBMM
C. bbmm
D. BBMm
E. BbMm
Pembahasan :
G = BBmm X bbMM
F1 = BbMm
F2 = F1 x F1 BbMm x BbMm
Genotipnya 1 BBMM : 2 BBMm : 4 BbMb : 2 BbMM : 1 bbmm
2 BbMM : 1 BBmm : 1 bbMM
Jumlah keseluruhan
Tiap genotip yang diharapkan diantara keturunan
1/16 4/16 6/16 4/16 1/16
Jumlah yang berwarna pada setiap genotip
4 3 2 1 0
Jadi genotip yang paling baik adalah BBMM.

8. Data kelapa sifat buah banyak (8) dominan terhadap buah sedikit (b), sedang sifat batang rendah (R) dominan terhadap batang tinggi (r). Persilangan antara kedua pohon kelapa tersebut menghasilkan keturunan pada F2 dengan ratio fenotip ( 9 : 3 : 3 : 1 ). Keturunan pada F2 yang sifatnya paling baik adalah …..
A. Bb Rr
B. BB RR
C. BB Rr
D. BB rr
E. Bb RR
Pembahasan:
– Sifat yang dikehendaki adalah berbuah lebat (B) dan berbatang rendah (R)
– Keturunan yang paling baik, selain berbuah lebat dan berbatang rendah juga harus bersifat galur murni.
– Sehingga genotipnya adalah : BB RR

9. Tanaman berbunga merah disilangkan dengan yang berbunga putih, menghasilkan keturunan pertama semua merah muda. Jika keturunan pertama disilangkan sesamanya, maka perbandingan fenotip merah muda : putih pada keturunan kedua adalah ……….
A. 2 : 1 : 1
B. 1 : 2 : 1
C. 1 : 2 : 2
D. 2 : 1 : 2
E. 1 : 1 : 2
Pembahasan :
Jika MM (merah) dan mm (putih) dalam sifat intermediate maka Mm adalah merah muda : jika disilangkan sesamanya akan didapat keturunan :

10. Pada tanaman rambutan, buah bulat (B) dominan terhadap buah lonjong (b) dan kulit warna merah (M) dominan terhadap warna kuning (m). Tanaman rambutan buah bulat merah dikawinkan dengan rambutan buah lonjong kuning, dihasilkan tanaman rambutan dengan fenotipe buah bulat merah, bulat kuning, lonjong merah, lonjong kuning dengan ratio fenotipe 1 : 1 : 1 : 1. Maka masing-masing genotipe dari kedua induknya, adalah……..
A . Bb Mm dan bb mm
B . Bb Mm dan bb Mm
C . BB Mm dan bb mm
D . Bb MM dan bb mm
E . BB MM dan bb mm
Pembahasan :
P : Bb Mm >< bb mm
G : BM bm
Bm
bM
bm
F :
BbMm = Bulat merah =1
Bbmm = Bulat kuning = 1
bbMm = Lonjong merah = 1
bbmm = Lonjong kuning = 1

11. Sifat dari suatu organisme yang tidak muncul karena terkalahkan oleh pemunculan sifat lain yang sejenis, disebut . . . .
A. Dominan
B. Intermediate
C. Heterozigot
D. Resesif
E. Atavisme
Pembahasan :
istilah-istilah dalam genetikal antara lain:
1. Dominan : gen yang mengalahkan gen lain yang sejenis, dan muncul pengaruhnya dalam fenotip
2. Resesif : gen yang kalah dan tidak muncul pengaruhnya
3. Homozigot : genotip yang tersusun atas pasangan gen yang sama
4. Heterozigot : genotip yang tersusun atas pasangan gen yang tidak sama
5. Genotip : sifat organisme yang tidak tampak
6. Sifat organisme yang tampak
7. Intermediet : suatu sifat tidak dominan dan tidak resesif

12. Pada kelinci bulu hitam (HH) dominan terhadap bulu putih (hh). Bulu kasar (RR) dominan terhadap bulu halus (rr). Seekor kelinci bulu hitam kasar dikawinkan dengan kelinci bulu putih halus. Semua keturunan pertamanya (F1) berbulu hitam kasar. Jika keturunan pertama dikawinkan sesamanya. Perbandingan fenotip kelinci bulu hitam kasar: hitam halus : putih kasar: putih halus yang dihasilkan pada F3 adalah …. (Ebtanas 1998/1999)
A. 9:3:3:1
B. 9:6:1
C. 12:3:1
D. 15:1
E. 12:1
Pembahasan:
Persilangan di atas merupakan persilangan dihibrid karena mempunyai dua sifat berbeda. Persilangan dihibrid akan menghasilkan keturunan kedua (F2) dengan perbandingan 9:3:3:1.

13. Disilangkan bunga Mirabillis jallava bewarna rnerah. Berbatang tinggi dengan bunga Mirabillis jallava berwarna putih berbatang pendek. Jika dilihat dari sifat bedanya. hibridisasi di atas disebut.. (UN 2005/2006)
A. polyhibrida
B. trihibrida
C. dihibrida
D. monohibrida
Pembahasan :
Persilangan dihibrid adalah persilangan diua individu sejenis dengan memperhatikan dua sifat beda misalnya buah berwama merah (MM) dan bulat (BB) disilangkan dengan buah berwarna putih (mm) dan keriput (bb)

14. Tanaman kacang yang tinggi dominan terhadap pendek warna bunga merah dominan terhadap warna putih. Jika dua tanaman kacang yang bersifat heterozigot disilangkan, maka perbandingan yang dapat diharapkan dari keturunannya adalah ….
A. 3 tinggi merah: 1 pendek putih
B. 1/2 pendek putih: 1/2 tinggi merah
C. ½ pendek putih : 1/2 tinggi putih
D. 9 tinggi merah : 3 tinggi putih : 3 pendek merah : 1 pendek putih
E. 9 tinggi rnerah : 3 tinggi putih : 3 pendek putih: 1 pendek merah
Pembahasan:
Persilangan dihibrid = sifat tinggi dan merah adalah dominan. Parental heterozigot = Tt Mm
P = tinggi — merah X tinggi — merah
TtMm TtMm
G = TT,tM TM,tM
Tm,tm Tm,tm
F1: 9 = tinggi – merrah
3 = tinggi – putih
3 = pendek – merah
1 = pendek – putih

15. Apabila rambut lurus adalah sifat resesif, maka dari perkawinan dua orangtua yang keduanya berambut keriting heterozigot, kemungkinan anak-anaknya adalah ….
A. semuanya berambut keriting
B. sernua berambut lurus
C. 50% berambut keriting dan 50% berambut lurus
D. 25% berambut keriting dan 75% berambut lurus
E. 75% berambut keriting dan 25% berambut lurus
Pembahasan :
Lurus adalah resesif (k)
P : Kk x Kk
F1 : KK : 1 (keriting)
Kk : 2 (keriting)
Kk : 1 (lurus)
Jadi kemungkinan anaknya 75% berambut keriting dan 25% berambut lurus

SUMBER:
Kurniawati, Dewi, dan Ratna Rima Melati. 2012. Bank Soal Biologi SMA/MA. Surakarta: PT. Aksarra Sinergi Media.

Damayanti, Dewi, Mira Juangsih, Asep Sukandar, and Lingga Kartini. Ringkasan Materi Dan Latihan Soal UN SMP 2010. Jakarta, DKI Jakarta: Cmedia, 2009. 292.

Tim Guru Eduka. Mega Bank Soal Biologi & Kimia SMA Kelas 1,2, & 3. Jakarta, DKI Jakarta: Cmedia, 2014. 544.

Wigati Hadi Omegawati, Teo Sukoco, Rumiyati, Siti Nur Hidayah. Detik – Detik Ujian Nasional Biologi Tahun 2014/2015. Klaten: Intan Prawira, 2015

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s