Upaya pelestarian sumber daya alam

Video di atas, merupakan salah satu dampak dan beberapa upaya dalam pelestarian salah satu sumber daya alam yang kita miliki. Berikut ini, akan dijelaskan beberapa upaya lebih lagi mengenai pelestarian sumber daya alam.

Ada beberapa istilah yang perlu dipahami terlebih dahulu, sebelum membahas mengenai upaya pelestarian sumber daya alam.

  1. Plasma nutfah: total keanekaragaman hayati dalam suatu lokasi.
  2. Konservasi: sistem yang meliputi perlindungan (sistem penyangga kehidupan), pengawetan (keanekaragaman jenis tumbuhan dan satwa beserta ekosistemnya), dan pemanfaatan (secara lestari sumber daya alam hayati dan ekosistemnya).
  3. Pelestarian insitu: konservasi yang dilakukan pada spesies tertentu di habitat aslinya.
  4. Pelestarian eksitu: konservasi yang dilakukan pada spesies tertentu di luar habitat aslinya.
  5. Cagar alam: suaka alam yang karena keadaan alamnya memiliki kekhasan tumbuhan, satwa dan ekosistenya yang perlu dilindungi dan perkembangannya berlangsung secara alami.
  6. Taman nasional: kawasan pelestarian yang memiliki ekosistem asli, dikelola dengan sistem zonai yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan menunjang budidaya, pariwisata, dan rekreasi.
  7. Suaka margasatwa: suaka alam yang mempunyai ciri khas berupa keanekaragaman atau keunikan jenis satwa terhadap habitatnya.
  8. Taman hutan raya: kawasan pelestarian alam untuk tujuan koleksi tumbuhan atau satwa yang alami atau buatan, jenis asli atau tidak asli, yang dimanfaatkan bagi kepentingan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, budaya, pariwisata dan rekreasi.
  9. Taman wisata alam: kawasan pelestarian alam yang terutama dimanfaatkan untuk pariwisata dan rekreasi alam.

Sumber daya alam (SDA) merupakan segala sesuatu yang ada secara alami dan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Sumber daya alam meliputi komponen biotik seperti hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme. Selain itu, terdapat juga komponen abiotik seperti minyak bumi, gas alam, air tanah, dan cahaya matahari.

Pada umumnya sumber daya alam berdasarkan sifatnya, dapat digolongkan menjadi sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui. SDA yang dapat diperbaharui adalah kekayaan alam yang terus tersedia sela,a penggunaannya tidak berlebihan, seperti tumbuhan, hewan air, dan cahaya matahari. Namun, SDA yang tidak dapat diperbaharui adalah SDA yang memiliki jumlah yang terbatas. Karena penggunaannya yang berlebihan lebih cepat daripada proses pembuatannya, jika digunakan secara terus – menerus akan habis. SDA tersebut merupakan minyak bumi dan batu bara.

Peningkatan populasi manusia dan inovasi teknologi, telah membawa manusia pada era eksploitasi SDA sehingga persediaannya semakin terbatas. Jika eksploitasi tersebut berlangsung seecara terus – menerus, SDA lama kelamaan akan habis. Beberapa kegiatan manusia yang berpengaruh negatif terhadap SDA, antara lain:

  1. Ladang berpindah
  2. Perburuan liar dan penangkapan ikan dengan cara yang tidak tepat
  3. Penebangan liar, pembukaan hutan, dan kegiatan lainnya yang merusak hutan
  4. Industrialisasi, dapat mengurangi area hutan dan menyebabkan polusi

Oleh karena itu, diperlukan upaya – upaya pelestarian SDA seperti berikut:

  1. Memanfaatkan SDA yang dapat diperbarui secara hati – hati dan efisien.
  2. Melakukan strategi konservasi untuk melekstarikan SDA berupa tumbuhan dan hewan. (pelestarian insitu atau eksitu, cagar alam, taman nasional, suaka margasatwa, taman hutan raya, taman wisata alam, dan masih banyak lagi.)
  3. Mengembangkan metode pembangunan dan pemrosesan yang lebih efisien serta dapat didaur ulang.
  4. Melaksanakan etika lingkungan dengan menjaga kelestarian alam.

Contoh Soal:

  1. Penangkaean harimau sumatra di Taman Safari Indonesia merupakan salah satu upaya untuk … (UN 2013/2014)

A. memperoleh jenis baru

B. melatih menjadi binatang jinak

C. memperoleh keturunan unggul

D. mempelajari pola makan alamiah

E. mencegah kepunahan spesies

Pembahasan: Taman Safari Indonesia merupakan salah satu upaya dalam pelestarian mencegahnya kepunahan suatu spesies. Pelestarian ini termasuk dalam pelestarian ex situ (pelestarian di luar habitatnya).

2. Salah satu usaha pemerintah Indonesia dalam pelestarian (konservasi) sumber daya alam di antaranya adalah cagar alam. Yang dimaksud dengan cagar alam adalah … (UN 2013/2014)

A. kawasan hutan yang dibina dan dipertahankan kelestariannya untuk pendidikan

B. kawasan suaka alam yang mempunyai ciri khas tumbuhan dan ekosistem yang perkembangannya disserahkan pada alam.

C. kawasan hutan alam yang biasanya terletak di daerah pegunungan yang dikonservasikan untuk melindungi lahan agar tidak erosi

D. kumpulan tumbuhan dan hewan langka untuk ilmu pengetahuan dan rekreasi

E. kawasan konservasi alam dengan ciri khas tertentu baik di darat maupun di perairan

Pembahasan: Cagar alam merupakan kawasan suaka alam yang melindungin dan menjamin perkembangan secara alami terhadap kenis tumbuhan ang khas di tempat tersebut.

3. Upaya pelestarian sumber daya alam hayati, diantaranya dengan membuat kebun koleksi. Tujuan utama dari pengembangan kebun koleksi adalah…

A. memproduksi buah dalam jumlah besar

B. neningkatkan industri pariwisata

C. melindungi plasma nutfah

D. mencegah erosi pada musim hujan

E. memperaiki ekosistem

Pembahasan: Tujuan utama dari upaya pelestarian alam dalam kebun koleksi adalah untul melindungi plasma nutfah.

4. Vanda tricolor merupakan tanaman anggrek endemik di hutan Gunung Merapi, Daerah Istimewa Yogyakarta. Cara pelestarian amggrek tersebut agar tetap lestari adalah …

A. menual anggrek tersebut dengan hara mahal

B. memusnahkan tanaman lain agar tanaman anggrek Vanda tricolor dapat tumbuh subur

C. memindahkan tanaman anggrek Vanda tricolor ke taman kota secara besar – besaran

D. menjagakelestarian hutan agar menjadi habitat yang aman bagi anggrek Vanda tricolor

E. melestarikan anggrek Vanda tricolor dengan melarang siapapun untuk menjamah dan mendekatinya

Pembahasan: Vanda tricolor merupakan tanaman anggrek endemik di hutan Gunung Merapi dan tidak tumbuh di tempat lain. Cara pelestarian yang paling tepat untuk tanaman tersebut adalah dengan menjaga kelestarian hutan agar menjadi habitat yang aman bagi anggrek tersebut untuk tumbuh.

5. Minyak bumi, batu bara, dan gas alam merupakan sumber daya alam penghasil energi yang sifatnya tidak dapat diperbarui. Agar sumber daya alam tersebut tidak cepat habis, cara pemanfaatan yang tepat adalah…

A. diolah semaksimal mungkin

B. dijual dengan harga yang sangat mahal agar tidak cepat habis

C. dikelola dan dimanfaatkan untuk kepentingan pemerintah saja

D. diatur cara pemanfaatan melalui undang – undang menurut batas regenerasinya

E. diberlakukan undang – undang pelarangan pemanfaatan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui

Pembahasan: Minyak bumi, batu bara, dan gas alam merupakan sumber daya alam penghasil energi yang sifatnya tidak dapat diperbarui. Apabila sumber daya alam tersbut habis, sulit diadakan kembali karena proses pembentukkannya membutuhkan waktu yang lama . Oleh karena itu, pemanfaatan yang tepat adalah dengan mrlalui undang – undang menurut batas regenerasinya.

6. Burung cenderawasih dan burung nuri kepala hitam merupakan spesies burung endemik di Pulau Papua. Populasi kedua jenis burung tersebut terus menurun karena banyak diburu. Apabila kondisi ini dibiarkan, akan mengakibatkan kedua jenis burung tersebut punah. Untuk melestarikan kedua burung tersebut dapat dilakukan dengan cara…

A. memindahkan kedua burung tersebut ke kebun binatang secara besar – besaran

B. mengisolasi hutan habitat kedua burung tersebut agar tidak dijamah manusia.

C. melindungi habitatnya dan melarang keras perburuan kedua burung tersebut

D. menangkap kedua burung tersebut untuk dijadikan hewan peliharaan di rumah

E. membatasi jumlah kedua burung tersebut yang boleh diperdagangkan

Pembahasan: Populasi kedua burung tersebut menurun karena pemburuan liar. oleh karena itu, usaha yang peling tepat untuk melestarikan populasi kedua burung itu adalah dengan melindungi habitatnya dan melarang keras perburuan kedua burung tersebut.

7. Sumber daya air merupakan kebutuhan mutlak manusia. Manusia membutuhkan air bersih untuk berbagai keperluan seperti mandi, minum, dan mencuci. Meskipun air merupakan sumber daya alam yang dapat diperbarui karena mengalami siklus, air juga perlu dilestarikan dengan cara…

A. membatasi penggunaan air bersih

B. melakukan penghijauan di lahan – lahan gundul

C. membangun waduk yang sangat besar untuk menampung air

D. menggali sumur yang dalam untuk mendapatkan air yang banyak

E. memanfatkan air semaksimal mungkinuntuk memenuhi kebutuhan

Pembahasan: Usaha untuk melestarikan ketersediaan air dengan cara melakukan penghijauan di lahan – lahan gundul, akar tumbuhan berfungsi untuk mengikat air sehingga kandungan air tanah semakin banyak. Dengan demikian, sumber air tetap terjaga dan dapat dimanfaatkan oleh makhluk hidup.

8. Hampir semua kegiata manusia memerlukan kertas. Oleh karena itu, permintaan kertas semakin meningkat. Menanggapi permintaan kertas, para pengusaha pulp mulai mengeksplotasi hutan untuk memperoleh kayu. Jika hal ini terus dibiarkan, jumlah pohon di hutan Indonesia semakin menurun. Usaha yang paling tepat untuk menjaga ketersediaan kayu di alam yaitu…

A. membatasi penggunaan kertas

B. menggunakan kertas dalam jumlah sedikit

C. mencari alternatif bahan baku kertas selain kayu

D. mengganti penggunaan kertas dengan alat tulis lainnya.

E. mengganti setiap pohon yang ditebang dengan tanaman baru

Pembahasan: Cara yang tepat untuk menjaga kelestarian SDA (kayu) dapat dilakukan dengan mengganti setiap pohon yang ditebang dengan tanaman baru.

9. Udara merupakan SDA yang sangat melimpah di atmosfer bumi. Manusia memanfaatkan oksigen yang terkandung dalam udara untuk bernapas. Namun, semakin meluasnya area perindustrian mengakibatkan udara menjadi kotor sehingga kandungan oksigen semakin berkurang. Usaha yang tepat untuk menjaga agar udara tetap bersih adalah…

A. menyaring udara di sekitar rumah agar tetap sehat

B. mencampur sampah organik dengan anorganik sebelum dibuang

C. menggalakkan penanaman pohon atau tanaman hias di sekitar rumah

D. melarang berdirinya industri – industri yang menghasilkan polutan udara

E. membuat cerobong asap yang tinggi agar asap dapat langsung keluar ke atmosfer

Pembahasan: Upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga agar udara tetap bersih dan sehat antara lain menggalakkan penanaman pohon atau menanam tanaman hias di sekitar kita. Pepohonan dapat menyerap gas karbon dioksida yang merupakan sumber polutan udara. Gas ini akan diserap dan digunakan sebagai bahan baku dalam proses fotosintesis yang nantinya menghasilkan gas oksigen.

10.Pemanfaatan sumber daya laut di Indinesia sebagian besar berupa perikanan tangkap. Permintaan kebutuhan ikan semakin meningkat sehingga penangkapan ikan semakin merajalela. Jika hal ini dibiarkan berlangsung terus – menerus, SDA yang berupa ikan lama – kelamaan akan habis. Oleh karena itu, diperlukan usaha – usaha pelestarian ikan dengan berbagai cara berikut, kecuali …

A. menerapkan penangkapan musiman

B. menjadring ikan menggunakan pukat harimau

C. menetapkan batas maksimal penangkapan ikan

D. menerapkan suatu daerah laut menjadi suaka alam alut

E. melarang penangkapan ikan menggunakan bahan peledak

Pembahasan: Menjaring ikan menggunakan pukat harimau justru akan mengakibatkan punahnya beberapa jenis ikan. Pukat harimau merupakan jaring yang memiliki matajala kecil sehingga ikan – ikan yang masih kecil akan ikut terjaring.

11. Perhatikan usaha pelestarian sumber daya alam berikut!

a) Mencegah pencurian kayu dan penebangan hutan secara liar.

b) Menggalakan penanaman berbagai jenis tanaman dalam satu lahan

c) Menerapkan sistem tebang pilih.

d) Melakukan perbaikan kondisi lingkungan hutan.

e) Membudidayakan lumut untuk menjaha kelembapan tanah.

Usaha yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian sumber daya hutan ditunjukkan oleh …

A. a,b, dan c

B. a,c, dan d

C. b,c, dan d

D. b,d, dan e

E. c,d, dan e

Pembahasan: Usaha yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian sumber daya hutan uaitu mencegah pencurian kayu dan penebangan hutan secara liar, menerapkan sistem tebang pilih, dan melakukan perbaikan kondisi lingkungan hutan. Adapun menggalakan penanaman berbagai jenis tanaman dalam suatu area merupakan usaha pelestarian kualitas sumber daya alam tanah.

12. Hewan – hewan yang dilindungi hampir punah karena perburuan yang dilakukan oleh manusia. Hewan – hewan ini dapat diselamatkan dengan cara…

A. mengadakan penangkaran yang dilakukan di tempat hidup asli.

B. menempatkan hewan – hewan tersebut pada kandang peliharaan

C. mengadakan seminar antiperburuan

D. membuat perlindungan alam botani

E. dijadikan hewan piaraan di rumah

Pembahasan: Salah satu cara penyelamatan hewan – hewan yang hampir punah yaitu dengan melakukan penangkaran di tempat hidup aslinya. Pelestarian mekhluk hidup tersebut termasuk pelestarian in situ.

13. Kepulauan Wakatobi di Sulawesi Tenggara akhir – akhir ini menarik perhatian dunia dengan ditemukannya salah satu terumbu karang terindah di dunia. berikut ini beberapa kegiatan yang dapat dilakukan di Kepulauan Wakatobi.

a) menjual karang dan ikan warna – warni dengan harga yang mahal

b) menjadikan Wakatobi sebagai daerah tujuan wisata bahari dengan fasilitas yang tidak merusak terumbu karang

c) melestarikan terumbu karang dengan melarang siapa pun menjamah atau mendekatinya.

d) menjadikan wilayah Wakatobi sebagai daerah perlindungan bawah air

Tindakan yang paling tepat untuk melestarikan daerah tersebut adalah…

A. a dan b

B. a dan d

C. b dan c

D. b dan d

E. c dan d

Pembahasan: Terumbu karang merupakan habitat beberapa macam biota laut. Jika terumbu karang mengalami kerusakan, banyak biota laut yang tidak mampu bertahan hidup.

14. Suatu kawasan dan sangat memerlukan perlindungan agar kelestariannya tetap terpelihara. Upaya yang tepat untul pelestarian adalah dengan menetapkannya menjadi…

A. Taman Nasional

B. Suaka Margasatwa

C. Cagar Alam

D. Kebun Raya

E. Kebun Binatang

Pembahasan: Setiap konservasi memiliki ciri utama pembeda diantara banyaknya upaya pelestarian sumber daya alam. Dalam hal ini, hewan yang sangat memerlukan perlindungan menjadi kata kunci.

15. Konservasi beberapa jenis organisme langka dilakukan dihabitat aslanya (in situ). Kelebihan konservasi in situ dibandingkan dengan konservasi ex situ adalah…

A. Memingkinkan untuk mengamati perkembangan jumlah populasinya dengan lebih mudah

B. Tidak membutuhkan tempat yang luas sehingga lebih mudah dilaksanakan

C. Tidak membutuhkan proses adaptasi sehingga kemungkinan mengalami kegagalan kecil

D. Tempat bisa dipindah – pindahkan sesuai dengan kebutuhan alam

E. Memudahkan pengamatan sehingga dapat dijadikan objek wisata

Pembahasan: Kekurangan konservasi ex situ yang dimiliki oleh konservasi in situ sebagai kelebihan adalah, hewan tidak memerlukan adaptasi kembali.

Sumber :

  • Omegawati, Wigata, dkk. Detik-detik Biologi 2014/2015. 2015. Klaten: Intan Pariwara
  • Jumini, Anik Indah,S.Pd. Kurikulum Terbaru Metode cling!. 2014. Yogyakarta: Pustaka Widyatama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s