Menganalisis hubungan antarkomponen dan aliran energi dalam suatu ekosistem.

http://www.youtube.com/watch?v=Cd1M9xD482s

Suatu ekosistem disusun oleh komponen biotik dan abiotik. Biotik meliputi semua makhluk hidup. Komponen abiotik merupakan keadaan fisik dan kimia di sekitar individu yang merupakan medium dan substrat untuk berlangsungnya kehidupan. Contohnya adalah udara dan air. Komponen-komponen dalam ekosistem, baik komponen biotik maupun abiotik, saling berhubungan/berinteraksi. Bentuk interaksi sebagai berikut.

1. Interaksi Antarkomponen Biotik dan Abiotik

     Interaksi komponen biotik dengan abiotik di antaranya dapat dijumpai pada penggunaan oksigen untuk pernapasan , pemanfaatan cahaya matahari untuk fotosintesis, dan keberadaan cacing yang dapat mempengaruhi kesuburan tanah.

2. Interaksi Antarkomponen Biotik

     Interaksi antar makhluk hidup terjadi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Macam interaksi antarkomponen biotik sebagai berikut :

a. Predasi adalah hubungan antara pemangsa dengan mangsa. Contohnya adalah rusa dengan singa, dan sebagainya.

b. Kompetisi, interaksi yang terjadi karena persaingan makhluk hidup untuk memperoleh kebutuhan hidup berupa makanan, tempat berlindung, dan pasangan untuk kawin. Contohnya adalah singa dan harimau yang sama-sama hidup di hutan berkompetisi untuk mendapatkan rusa sebagai makanan mereka.

c. Simbiosis, hidup bersama antara dua species yang berbeda. Simbiosis dibedakan menjadi tiga yaitu simbiosis mutualisme, komensalisme, dan parasitisme.

1) Simbiosis mutualisme adalah interaksi antara dua species berbeda yang saling menguntungkan. Contohnya adalah bakteri Rhyzobium yang hidup pada bintil akar kacang-kacangan.

2) Simbiosis komensalisme adalah interaksi antara 2 species berbeda yang salah satu diuntungkan, sedangkan species lain tidak diuntungkan maupun dirugikan. Contohnya adalah Anggrek yang menempel pada pohon.

3) Simbiosis parasitisme adalah interaksi antara 2 species berbeda yang salah satu diuntungkan, sedangkan species lainnya dirugikan. Contohnya adalah Plasmodium dengan manusia.

D. Netral, yaitu hubungan antara individu dari anggota populasi berbeda yang keduanya tidak saling mempengaruhi. Misalnya ayam dan kambing pada suatu halaman berumput.

E. Antibiosis yaitu interaksi antara makhluk hidup, salah satu makhluk hidup mengeluarkan zat antibiotik yang dapat membahayakan makhluk hidup lain. Contohnya adalah interaksi jamur Penicillium dengan mikroorganisme lainnya. 

3. Aliran Energi

     Berdasarkan peranannya, komponen biotik dibedakan menjadi tiga golongan yaitu produsen, konsumen dan pengurai. Produsen merupakan organisme autotrof. Produsen merupakan sumber energy utama bagi organisme lain. Konsumen merupakan organisme heterotrof. Pengurai berfungsi merombak sisa produk organisme atau organisme yang mati. Contoh pengurai yaitu jamur dan bakteri. Antara produsen dan konsumen akan terjadi proses makan dan dimakan yang disebut rantai makanan. Beberapa rantai makanan akan membentuk jaring-jaring makanan. Susunan jaring-jaring makanan lebih kompleks dibandingkan rantai makanan.

     Organisme yang terlibat dalam rantai makanan digolongkan dalam tingkat-tingkat trofik. Tingkatan trofik dalam suatu rantai makanan dapat digambarkan sebagai piramida makanan. Tumbuhan atau produsen menempati tingkat trofi I, konsumen 1 menempati tingkat trofik II, konsumen 2 menempati tingkat trofik III, dan seterusnya.

     Selain dimulai dari produsen, rantai makanan juga dapat dimulai dari detritus. Detritus adalah partikel-partikel organik hasil penguraian organisme yang telah mati dan organisme. Pemakan detritus dan detritivor. Contoh detritivor yaitu cacing, dan rayap. Detritivor dapat membentuk rantai makanan yang disebut rantai makanan detritus.

     Dalam suatu rantai makanan terjadi aliran energi. Herbivora ( konsumen primer ) memperoleh energi dari produsen, sedangkan karnivora memperoleh energi dari konsumen primer. Demikian seterusnya sampai konsumen terakhir. Jadi, dalam hubungan makan dan dimakan terjadi aliran energy dari lingkungan abiotik, ke produsen, lalu ke konsumen dan terakhir kembali ke alam.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s